Materikulasi Batc 6 Day 4

Helo Kawan... 
Kali ini akan saya share "CARA BISNIS ALA ROSULULLAH SAW"

Materi ini adalah Tugas Materikulasi kampus umar usman yang ke 4 hari 
Hari senin 10 september 2018, 
Dosen : Bpk Arif Abdullah Batubara SE.MM



Di hari ke 4 materikulasi ini, bpk Arif  Abdullah menyampaikan bagaimana kita agar menjadi bisnismen ala rosullah saw, dengan mengikuti sunnah Rasul akan makmur hidupnya dunia maupun akhirat. Nabi Muhammad SAW adalah pedagang yang sukses. Tidak hanya sukses di negara Arab, tetapi juga sukses berbisnis di luar negeri. Menurut sejarah, Rasulullah sukses berbisinis di 6 kota diantaranya adalah  Syam (Syuriah), Bahrain, Yordania dan Yaman. Semuanya dijalanin oleh Rasulullah dengan hasil yang sangat memuaskan, bahkan tidak merugi.

Rasulullah SAW selalu mengutamakan KEJUJURAN saat berdagang, Alhasil beliau mendapatkan gelar Al-Amin atau yang terpercaya. memperlakukan konsumen dengan SOPAN SANTUN , selalu TEPAT JANJI , tidak MENJUAL PRODUK YANG BURUK.

Kesuksesan Nabi Muhammad SAW dalam berdagang tidak pernah meninggalkan nilai-nilai kejujuran, keadilan, dan amanah. Strategi tersebut sebagai refleksi dari empat sifat utama Rasul yakni Siddiq, Amanah, tabligh, dan Fathonah.

Rasulullah SAW berbisnis tanpa memiliki modal dan tanpa memiliki koneksi. Dalam kondisi tersebut Nabi Muhammad SAW memulai bisnis dengan menjualkan barang-barang milik orang lain.

Dalam menjalankan bisnisnya Nabi Muhammad tidak pernah menjelekkan bisnis orang lain. Hal inilah yang dikatakan oleh Rasulullah kepada para pengikutnya. Nabi Muhammad memegang prinsip bisnis dengan memuaskan pelanggan, bukan mematikan bisnis orang lain. Rasulullah juga selalu membayarkan gaji kepada pekerjanya secara tepat waktu. Bahkan Rasulullah berkata “Berikanlah upah kepada karyawan sebelum kering keringatnya.’

Selain itu Nabi mengajarkan kepada seluruh umat agar berdagang jangan sampai menganggu ibadah. Karena Allah sangat tidak menyukai orang yang sibuk berdagang atau berbisnis sehingga melupakan kewajibannya untuk beribadah.

KUNCI KESUKSESAN DALAM BERBISNIS 
  1. Mengetahui Kelemahan & kekurangan bisnis 
  2. Networking
  3. Mengkombinasikan offline dan Online 
  4. Solve the problem 
  5. Kreatif dan Inovatif 
DASAR DASAR ETIKA BISNIS 
  1. Jangan berbisnis di ladang orang lain
  2. Tidak berbohong 
  3. Hindari testimonie palsu 
  4. Sopan santun 
LUASNYA KOMPETENSI BISNIS 
  • Kerja keras ( Saat belum ada pengetahuan ) 
  • Kerja Cerdas ( ketika sudah ada ilmu )
  • Inovatif & Ikhlas ( Saat bisnis tumbuh berkembang ) 
Demikian session pertama materi yang di sampaikan bpk arif abdullah batubara SE.MM


Session ke II di lakukan pada jam 13:30 
Pengisi Materi alumni kampus umar usman batc 3 yaitu MR. AAN



Dalam hal ini beliau menceritakan history beliau saat membangun bisnis hingga mempunyai bisnis yang bisa Autopilot 

selanjutnya beliau memberikan materi "FONDASI BISNIS YANG BERKAH" salah satunya selalu membantu orang lain untuk memenuhi angka cukup kebutuhanya. dengan demikian bisnis akan terasa berkah. proses keberkahan akan di rasakan saat kita membantu memenuhi kebutuhan para pembeli.  

"JUALAN ITU WASILAH, HASIL NYA KUDU BERKAH" 

Demikian lah resume materi materikulasi hari ke 4, 
Kurang lebih nya mohon maaf 

Comments