Monday, April 19, 2010

Cara Cheking Power Supply Komputer

Kira-kira ya beginilah exspresi kepanikan jika tiba2 saja komputer kita tidak mau dinyalakan.... Nieh ada sedikit tips.. Ikuti langkah-langkah berikut, dan anda akan tahu apa yg telah terjadi pada komputer anda.

untuk Persiapan Ambil peralatan2 berikut sebelum anda memperbaiki komputer anda.
Obeng +, Sandal jepit (supaya ngga kesetrum), Kipas angin (klo anda kepanasan), penghapus pensil (setip atau bahasa gaulnya eraser). nah.. Klo sudah, segera saja ikuti petunjuk berikut.

Pertama Buka casing komputer sebelah kanan. Lalu periksa semua sambungan kabel yg menuju ke motherboard. Apakah semua sudah terpasang dengan pas? Jika tidak, segera benahi sambungan tersebut.

Uji coba power supply anda apakah masih berfungsi atau tidak. Caranya, lepas semua konektor power supply yg terhubung dengan hardware anda. Jangan sampai ada yg tertinggal. Setelah itu ambil sebuah kabel pendek (kabel kecil yg berpelindung). Cari kabel berwarna hijau tua dan hitam pada konektor yg berisi 24-pin lalu Hubungkan dengan kabel kecil tadi. Pastikan semua sudah anda lakukan dengan benar, termasuk kabel yg harus dihubungkan tadi. Setelah itu, beri tegangan pada power supply anda (sambungkan konektor di belakang power supply dengan kabel yg terhubung dengan listrik/stop kontak). Sim—salabim..

Jika kipas power supply anda berputar, berarti power supply anda masih berfungsi, segera lepas sambungan listrik dan, kabel yg terhubung ke konektor 24-pin tadi (kabel hijau dan hitam). Pasangkan kembali konektor power supply pada hardware anda. Jangan sampai ada yg salah pasang lho !!

Kedua.. Lepas sambungan ke hard disk anda, baik kabel IDE, maupun kabel power supply. Beri tegangan pada power supply, lalu tekan tombol power. Dengarkan baik-baik apakah anda mendengan bunyi “Beep pendek” 1 kali. Liat apakah kipas pada pendingin processor anda berputar. Jika kipas berputar tapi anda tidak mendengar apapun. Lakukan langkah ketiga.
Ketiga..Lepas memory (RAM) dari Slotnya. Jika anda punya 2 atau lebih memory, lepas semuanya. Ingat waktu melepas RAM pastikan anda telah melepas sambungan listrik ke power supply anda. Sudah selesai melepas RAM?

Kembali hubungkan power supply anda ke sambungan listrik. Tekan tombol power. Perhatikan lagi apakah anda mendengan bunyi “Beep”. Jika anda mendengar bunyi “Beep panjang” berarti ada masalah pada RAM anda.

Ambil penghapus yg sudah anda siapkan lalu, gosokkan pada pin-pin tembaga di RAM anda seperti anda menghapus tulisan yg salah pada kertas. Ini bermaksud untuk membersihkan kotoran(debu) yg melekat pada RAM. Jika dirasa sudah bersih. Pasangkan kembali ke Slot Motherboard. Kalo anda punya lebih dari satu RAM, pasangkan 1 dulu, yg laen menyusul.
Hubungkan power supply dengan listrik dan tekan tombol power. Dengarkan bunyi beep yg terjadi.

Beep pendek ==> Memory OK, pasangkan RAM berikutnya jika ada.
Beep panjang =====> memory bermasalah, ganti RAM yg laen atau pindahkan ke slot lainnya.
Jika sudah terdengar beep pendek, sambungkan kembali hard disk anda. Lalu tutup casing, dan komputer siap digunakan.

Jika masih terdengar beep panjang, kombinasikan antara pemasangan RAM dan slot di motherboard sampai terdengar beep pendek. Jika kombinasi sudah dicoba semua tapi masih terdengar beep panjang, berati memori anda bermasalah. Segera ganti RAM, bisa minjem atau beli yg baru.

Berikut bunyi beep yg biasanya terjadi.
Beep 1x panjang --> Memory bermasalah
Beeep 1x pendek -> Komputer OK
Beep 1x panjang, 3x pendek ---->-> VGA bermasalah.
Tidak ada beep periksa power supply, jika ok, cek semua konektor yg terpasang ke motherboard. Lakukan langkah ketiga.

Selamat mencoba !!!!
NB : Jika semua cara sudah anda coba namun komputer tetap tidak berfungsi, segera hubungi toko komputer untuk memperbaiki komputer anda.

1 comment: