SINOPSIS FILM KISAH UMAR BIN KHATTAB FULL EPISODE

Kisah Film Umar Bin Khattab Episode 1

Film ini menceritakan Sejarah Umar bin Khotob R. A semasa hidupnya. Dalam episode pertama ini menceritakan  Umar bin khattab sedang menjalankan ibadah haji, saat itu  berusia 60 tahun. Di Padang Arafah Umar berkhutbah, diantara isi khutbahnya Umar mengatakan bahwa untuk menjadi seorang yang beriman tidak didapat dengan hanya berpikir dan berharap, tetapi dengan tindakan nyata.
Dalam perjalanan, Umar teringat akan masa mudanya. Terjadilah cerita kilas balik ke masa muda Umar yang penuh cerita kelam, kegelapan jiwa, dan kehampaan hati. Masa mudanya itulah yang membentuk karakter Umar.

Kisah Film Umar Bin Khattab Episode 2
EPISODE 2 Umar di rumah Abu Hikam

Di Mekah, kaum Quraisy siap mengadakan pertemuan. Namun tidak seperti biasanya, sahabat mereka, Abu Bakar tidak menghadiri pertemuan itu. Abu Bakar malah bertemu dengan Utsman bin Affan, disitulah Abu Bakar mendapat cerita tentang Nabi Muhammad SAW yang telah resmi diangkat menjadi Rasullulah.
Umar yang mulai mendengar kiprah Nabi Muhammad, datang ke rumah Abu Hikam dan berdiskusi tentang beliau. Saat inilah dimulai kebencian kaum Quraisy terhadap Nabi Muhammad dan kaum Muslimin.

Kisah Film Umar Bin Khattab Episode 3
Episode 3  Ancaman Petinggi Qurays

Para petinggi Quraisy terbelah opininya. Sebagian tidak peduli terhadap sepak terjang Muhammad namun sebagian lagi sangat ingin menghentikan Muhammad SAW.
Atas saran Umar, para petinggi Quraisy meminta Abu Thalib untuk berbicara kepada Muhammad SAW untuk menghentikan kegiatannya menyebarkan agama Islam. Mereka mengancam Abu Thalib jika Muhammad tetap melanjutkan dakwahnya.
Dikisahkan juga dimana Abu Lahab mempunyai aktivitas membuang kotoran di depan pintu Nabi, begitupun dengan istri Abu Lahab, Ummu Jamil yang memiliki aktivitas menaruh kayu bakar di depan pintu Nabi. Kegiatan Abu Lahab tersebut dalam satu kesempatan diketahui oleh saudaranya, Hamzah, dan atas sikapnya tersebut Hamzah marah kepada Abu Lahab.


Kisah Film Umar Bin Khattab Episode 4
Episode 4 Kemarahan Abu Jahal

Kenyataan bahwa Abu Thalib tidak berhasil menghentikan Muhammad membuat para petinggi Quraisy murka. Terlihat yang paling marah adalah Abu Jahal.
Abu Jahal datang ke rumah Umar dan berdebat mengenai masalah sepak terjang Muhammad, terjadi perbedaan pendapat diantara mereka.
Kaum Quraisy mulai menyimpulkan bahwa kehadiran Muhammad SAW sebagai pemecah persatuan kaum Quraisy.

Kisah Film Umar Bin Khattab Episode 5
Episode 5 Penangkapan Ayyash dan salamah

Abu Jahal bertindak! Korban pertama adalah Ayyash dan Salamah, keduanya ditangkap dan disiksa oleh Abu Jahal.  Setelah kejadian itu Umar berpidato di depan kaum Quraisy, pidatonya tegas berisi akan menentang Islam, dan apa yang akan dilakukan jika Muhammad terus melanjutkan dakwahnya. VSementara Abu Bakar berusaha menenangkan umat Muslim untuk tetap tenang dan tabah menghadapi cobaan tersebut.


Kisah Film Umar Bin Khattab Episode 6
Episode 6 Bilal Merdeka

Abu Bakar secara mengejutkan membebaskan budak Bilal dan Umayyah. Hal ini semakin membuat kaum Quraisy murka. Abu Jahal pun semakin menggila untuk memburu, memerangi, dan menyiksa kaum Muslimin untuk kembali menyembah berhala Latta dan Uzza. Di tempat lain, para sahabat nabi berkumpul, mereka berdiskusi dan membahas cara untuk menghadapi tekanan dari kaum Quraisy. 


Kisah Film Umar Bin Khattab Episode 7
Episode 7 Hijrah ke Abyssinia

"Orang yang bisa mengikuti kata hatinya, dialah orang yang penuh kehormatan", ujar Umar kepada Abdullah bin Suhail. Sesaat setelah itu, Abdullah pun menemui ayahnya dan mengaku jika ia telah menjadi seorang muslim, berujung pada pengusirannya.
Nabi Muhammad SAW yang mengetahui penderitaan kaum Muslimin, menyerukan mereka untuk hijrah ke Abyssinia, sebuah berita yang menggemparkan kaum Quraisy dan Umar sendiri.

Kisah Film Umar Bin Khattab Episode 8
Episode 8 Umar Bin Khotob Masuk Islam

Sebelum memeluk Islam, Umar bin Khattab sempat membenci Rasulullah SAW. Umar dikenal sebagai sosok yang keras dan ditakuti kaum Quraisy.
Suatu hari, dengan penuh amarah, ia menenteng pedang untuk membunuh Nabi Muhammad. Abdullah an-Nahham al-‘Adawi kemudian mencegatnya di tengah jalan.
“Aku hendak membunuh Muhammad,” ujar Umar.
“Apakah engkau akan aman dari Bani Hasyim dan Bani Zuhroh jika engkau membunuh Muhammad?”  Tanya Abdullah.
Umar marah mendengar ucapan Abdullah itu. “Jangan-jangan engkau sudah murtad dan meninggalkan agama asal-mu?”
“Maukah engkau ku tunjukkan yang lebih mengagetkan dari itu, wahai Umar! Sesungguhnya saudara perempuanmu dan iparmu telah murtad dan telah meninggalkan agamamu.”
Umar langsung menuju ke rumah adiknya. Di dalam rumah, Fatimah — saudara perempuannya – bersama sang suami sedang membaca Alquran. Umar sempat mendengarnya. Ia langsung melabrak adik dan iparnya.
“Apa yang kalian baca tadi?”  tanya Umar. Adiknya mencoba untuk menutupi apa yang mereka lakukan.
“Wahai Umar, apa pendapatmu jika kebenaran bukan berada pada agamamu?” tanya ipar Umar.
Mendengar pertanyaan itu, Umar makin garang. Ditendangnya dan dipukulinya sang adik ipar dengan keras. Fatimah pun ditampar hingga berdarah. Tetapi, Umar terdiam, ketika adiknya mengucap dua kalimah syahadat di depannya.
Hidayah Allah mulai menyinari hatinya. Umar lalu meminta adiknya untuk menunjukkan lembaran Alquran yang mereka baca. Setelah mandi, Umar membacanya. Hatinya bergetar saat membaca ayat Alquran.
“Ini adalah nama-nama yang indah nan suci,” ujarnya. Umar pun mengakui kebenaran Islam. Ia bahkan menjadi pemimpin umat Islam, setelah Rasulullah SAW wafat.
Setelah memeluk islam (diislamkan di rumah siapaa gtu) Umar bin khatab mengumumkan keislamannya kepada orang-orang Quraisy sehingga memancing amarah mereka (Abu Jahal dkk).
Namun langkah umar memeluk agama islam, membawa pengaruh sangat besar dalam penyebaran Agama Islam. Sebagai salah satu orang yang disegani dan memiliki otoritas di kalangan kaum Quraisy, Umar mampu menjadi perlindungan para muslimin. Sehingga banyak kaum quraisy yang memeluk Islam bersamanya.

Kisah Film Umar Bin Khattab Episode 9
Episode 9 Raja Abbesinia  masuk Islam
Intinya di episode ini, Raja Abbesinia (Najasyi atau ada yang bilang negus) masuk Islam, karena ucapan Ja’far (salah satu mukmin) yang membacakan surah Maryam.
Kemudian adanya pemboikotan terhadap Bani Hasyim dan Bani Abdul Muthalib oleh orang-orang Kafir Quraisy yang melarang aktifitas perdagangan, perkawinan dll kepada 2 bani tersebut yang menyebabkan penderitaan Rasululloh dan pengikutnya.

Kisah Film Umar Bin Khattab Episode 10
EPISODE 10 Tahun 12 Hijriah
Tahun 12 Hijriah, sekelompok orang dari Yathrib datang ke Mekah, untuk menemui Rasul dan menghijrahkan diri untuk memeluk islam.Kelompok yang diketuai Asaad bin Zurarah dan Ubadah bin Samit juga memohon kepada Rasul agar mengutus utusan ke Yathrib.
Akhirnya Rasul pun mengutus Mus'ab bin Umair sebagai mubaligh di Yathrib, untuk melepaskan kota ini dari kegelapan dan kekufuran.

Comments

Post a Comment